Cara Mudah Mengukur Kadar Asam Basa (PH) Tanah

Cara Mudah Mengukur Kadar Asam Basa (PH) Tanah - Hallo sahabat gardener kami JASA TUKANG TAMAN SURABAYA - PURINGASRI, Kami akan berbagi info seputar taman rumah yang pada kesempatan kami ini akan mengulas artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah Mengukur Kadar Asam Basa (PH) Tanah.

Yang telah kami telah kami rangkum pada artikel ini dengan baik untuk anda baca sehingga dapat sebagai referensi dan diambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan kami tentang Artikel Tips Bertaman, dapat menambah wawasan anda sehingga bermanfaat dan dapat anda pahami. Silahkan anda lanjutkan untuk membacanya.

Baca juga


Cara Mudah Mengukur Kadar Asam Basa (PH) Tanah


Jasa Tukang Taman Surabaya

Sekarang hadir sebagai Tukang Taman Gresik. Di sini kami akan berbagi sedikit pengalaman yang sudah kami lakukan pada saat dilokasi area untuk taman..Walupunkami jarang memakai ini tetapi tidak ada salahnya apabila anda ingin mencobanya di rumah.

Karena sebelum anda mulai menanam alangkah baiknya apabila kita ketahui kada asam basa (PH) pada tanah..karna PH tanah mempengaruhi KTK (kapasitas tukar kation) pada tanah yang mmpengaruhi penyerapan nutrisi pada tanaman. Tanah yg baik biasanya memiliki PH yg netral atau berkisar antara 6-7. Banyak alat yang bisa dipakai untuk mengukur PH tanah,diantara :
  • Kertas lakmus

Jasa Tukang Taman Surabaya Cara mengukur PH tanah
  • PH Meter Analog dan Digital
Jasa Tukang Taman Surabaya alat mengukur PH tanah
PH Meter Analog
Jasa Tukang Taman Surabaya alat mengukur PH tanah
PH Meter Digital
Kalau buat anda yang hanya penghobies tanaman mungkin akan kesulitan untuk membeli alat-alat yg harganya lumayan tersebut. Tetapi ada alternatif lain menurut kami Jasa Tukang Taman Surabaya mengingat pentingnya mengetahui kadar asam basa tanah dalam pemuliaan media tanam ada cara yg sangat sederhana dengan alat yang dapat kita ambil dari dapur kita. kita bisa menggunakan "kunyit" untuk mengukur kadar asam basa pada tanah.

Ya kunyit, kenapa kunyit? karena kunyit mengandung zat Curcumin yang yang perubahan warnanya dipengaruhi oleh PH pada tanah. yuk, kita coba! :)

Caranya :
Ambil rimpang kunyit sebesar ibu jari kemudian kubur di dalam tanah yg akan kita ukur kadar asam basanya selama 30 menit. Setelah 30 menit bongkar tanah dan lihat perubahan warna pada rimpang, jika rimpang berwarna agak pudar dari sebelum kita kubur berarti tanah cenderung asam, tetapi bila rimpang berubah mnjadi berwarna ungu atau kebiru-biruan berarti tanah cenderung basa. Dan jika kunyit tidak berubah warna berarti tanah bersifat netral.

Cara ini udah pernah kami Jasa Tukang Taman Surabaya coba untuk melakukan pengukuran pada air juga. Ini hasil pengukuran ph air menggunakan kunyit yg pernah ane lakukan. Mulai dari paling kiri ane masukan pada air yg ane campur cuka makan (PH asam), tengah air biasa (PH Netral), Paling kanan air yang ane campur dengan baking soda (PH Basa). dan yang paling bawah kunyit sebelum di eksekusi, lagi perpisahan.

Semoga bermanfaat artikel sederhana kami tentang Cara Mudah Mengukur Kadar Asam Basa (PH) Tanah

Salam Bertaman




Demikianlah Artikel kami tentang Cara Mudah Mengukur Kadar Asam Basa (PH) Tanah


Dengan harapan semoga artikel kami yang mengulas Cara Mudah Mengukur Kadar Asam Basa (PH) Tanah kali ini, dapat memberi manfaat bagi anda semua. Sekian, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Mengukur Kadar Asam Basa (PH) Tanah dengan alamat link https://puringasri.blogspot.com/2017/01/cara-mudah-mengukur-kadar-asam-basa-ph.html
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JASA TUKANG TAMAN SURABAYA - PURINGASRI